Sabtu, 18 Juni 2016

Awas, Konsumsi Minuman Panas Mempunyai Potensi Sebabkan Kanker

Menurut pakar peneliti, makanan dan minuman yang masih panas dengan suhu di atas 65 derajat celcius mempunyai potensi sebabkan kanker.

Saat cuaca dingin, memang sangat nikmat rasanya jika dibarengi dengan konsumsi minuman atau makanan yang masih panas. Namun, ada satu hasil penelitian yang cukup mengejutkan mengenai minuman panas baru saja dipublikasikan oleh peneliti di lembaga kanker yakni World Health Organization's. Dikutip dari laman emirates247.com, para peneliti baru saja memaparkan bahwa minuman berupa kopi sama sekali tidak mengakibatkan risiko kanker.  


Para peneliti memaparkan bahwa suhu panas pada minuman kopi yang kemungkinan besar bisa memicu risiko kanker. Tak hanya kopi panas, para peneliti ini juga memaparkan bahwa apapun minuman dan makanan panas mempunyai potensi kanker dalam tubuh. Seseorang yang sering kali konsumsi minuman juga makanan panas dengan panas lebih dari 65 derajat celcius sangat memungkinkan menyebabkan risiko kanker kerongkongan. 

Berdasarkan sumber lain, dikutip dari laman dailymail.co.uk para peneliti yang tergabung dalam The International Agency for Cancer (IARC) memaparkan bahwa dalam kajian terakhirnya, tidak ada bukti konklusif yang menyatakan bahwa konsumsi kopi bisa berpotensi menyebabkan kanker. Yang ada, meminum kopi dalam suhu rendah justru bisa menurunkan risiko kanker dalam diri seseorang.

Yang menjadi penyebab kanker adalah jika kopi, teh, lemon atau beberapa minuman lain diminum dalam saat masih panas dengan suhu di atas 65 derajat celcius. Meskipun penelitian ini menyebutkan minuman juga makanan dengan suhu panas bisa memicu kanker, Gregory Hartl, juru bicara dari WHO di Jenewa memaparkan bahwa penelitian ini belum 100 persen dikatakan kebenarannya. 

Untuk memastikan kebenaran penelitian ini, para peneliti masih akan meneliti hal ini lebih lanjut lagi dan mengetahui hasilnya beberapa tahun ke depan. Gregory menegaskan ,

"Kami hanya mengingatkan, berhati-hatilah dan pastikan untuk dinginkan dulu setiap makanan juga minuman yang hendak dikonsumsi."

Jadi mulai sekarang untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi setiap makanan dan minuman. Usahakan pula untuk mendinginkan terlebih dulu makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi. 

Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa mendapatkan pengetahuan berharga dari penelitian ini.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar