Minggu, 29 Mei 2016

APA ITU KEBIRI KIMIAWI? BERIKUT PENJELASAN DAN DAMPAKNYA

Apa itu Kebiri Kimiawi? Bagaimana Cara Kerja Kebiri Kimiawi? dan Apa Dampak Kimia Kebiri Bagi Kesehatan?

Jakarta - Dengan maraknya kejahatan, kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur yang belakang ini terjadi pertengahan 2016, pemerintah Indonesia telah menerbitkan pengganti UU (perpu) yang mengatur hukuman kebiri kimiawi terhadap pelaku kejahatan seksual terhadap anak di bawah umur. Presiden Joko Widodo selaku Presiden Indonesia telah sepakat dan mendatangani Perpu ini. 



A. Apa itu Kebiri Kimiawi
Berdasarkan wikipedia, Kebiri (disebut juga pengebirian atau kastrasi) adalah tindakan bedah dan atau menggunakan bahan kimia yang bertujuan untuk menghilangkan fungsi testis pada jantan atau fungsi ovarium pada betina. Pengebirian dapat dilakukan baik pada hewan ataupun manusia. Jadi dapat disimpulkan bahwa kebiri itu penghilangan fungsi dari alat kelamin jantan atau betina, laki-laki atau perempuan dengan menggunakan bahan kimia untuk tidak dapat melakukan perkawinan. 

Seperti penjelasan Roslan Yusni Hasan, seorang Dokter spesialis neurologi, tujuan kebiri kimia adalah menurunkan libido atau gairah seksual seseorang dengan menyuntikan hormon. Depo-Provera merupakan salah satu jenis hormon yang pada umumnya digunakan untuk kebiri. Depo-Provera ialah jenis obat KB (keluarga berencana) yang sudah biasa digunakan di kalangan wanita, namun dipakai laki-laki untuk menurunkan libido atau gairah seksual.

B. Cara Kerja Kebiri Kimiawi?
Penyuntikan kebiri sama halnya dengan suntik KB atau pada umumnya, bisa dibagian lengan, paha, atau bokong. 

C.Dampak Kebiri Kimiawi Bagi Kesehatan
Ada beberapa dampak dari kebiri kimiawi diantaranya hormonal tidak seimbang, ganguan kerja otak, hormon tidak normal dan kerja tubuh terganggu. Dampaknya sama dengan KB tergantung pada pemakaian, pengaruhnya ada yang 6 bulan, 2 bulan menurut Dokter Roslan Yusni Hasan.

Baca Juga : Nasib Malang Polwan Cantik Dianiaya Perwira Di Hotel
               7 Bentuk Payudara Yang Paling Sempurna, Cara Memilih Bra Yang Cocok dan Mudah, 

Source : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Kebiri
https://m.tempo.co/read/news/2016/05/27/063774519/hukuman-kebiri-kimia-begini-cara-kerja-dan-dampaknya

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar